Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Camilan dan Minuman yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Kompas.com - 18/04/2024, 16:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Agar kesehatan jantung optimal, memilih camilan dan minuman yang tepat dapat menjadi langkah penting.

Kebiasaan makan yang sehat tidak hanya memengaruhi berat badan dan kadar kolesterol, tetapi juga dapat memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Berikut 15 camilan dan minuman yang baik untuk mendukung kesehatan jantung.

  • Apel

Melansir Verywell Health, makan 2 apel utuh sehari telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Apel mengandung serat larut dan polifenol yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Apel juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, K, E, B1, B6, tembaga, dan kalium, menjadikannya pilihan camilan yang baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Baca juga: Tak Perlu Takut Makan Telur, Efeknya Bagus untuk Jantung

  • Seledri

Seledri adalah sumber vitamin yang sangat baik, rendah kalori, dan memberikan berbagai manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan jantung.

Seledri diisi dengan air dan penuh serat. Ini mengandung senyawa fenolik dan sifat antioksidan yang kuat untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

  • Buncis rebus

Sebagian besar manfaat dari makan kacang-kacangan berasal dari kandungan serat. Legum juga mengandung sterol, yang dapat mengurangi kolesterol dan berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

  • Hummus

Hummus adalah saus Timur Tengah kuno yang terbuat dari buncis, tahini, jus lemon, bawang putih, dan minyak zaitun. Ini mengandung minyak zaitun, menjadikannya sumber lemak jantung sehat.

  • Yogurt dan buah beri

Makan yogurt dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada orang dengan tekanan darah tinggi, menurut sebuah studi tahun 2018 yang dilaporkan dalam American Journal of Hypertension. Pilih yogurt yang rendah gula dan tinggi protein, seperti greek yogurt.

Baca juga: Apa Gejala Gagal Jantung? Berikut 8 Daftarnya...

  • Smoothie

Smoothie menawarkan kombinasi serat, vitamin, antioksidan, asam lemak omega-3, dan banyak lagi. Lemak omega-3 membantu mengelola peradangan dan proses tubuh lainnya.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kebanyakan kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak sehat), vitamin E, dan zat alami lainnya yang baik untuk jantung.

  • Kue beras

Kue beras dibuat dengan memanaskan butiran beras (coklat dan putih) dan mengembangkannya menjadi roti berbentuk bulat.

Penelitian menunjukkan beras merah mengandung senyawa fenolik, yang dapat mengurangi kerusakan sel yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com