Kompas.com - 21/08/2016, 16:07 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Munculnya tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan di bagian betis atau yang biasa disebut varises tak hanya mengurangi keindahan penampilan. Namun, juga dapat mengganggu kesehatan.

Selain faktor usia, varises muncul karena gaya hidup yang salah. Berikut ini adalah lima gaya hidup untuk mencegah varises:


1. Aktif secara fisik

Salah satu penyebab varises muncul adalah terlalu banyak diam. Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah mengumpul di pembuluh darah.

Otot-otot yang aktif dan bekerja dari kaki akan berkontraksi dan mendorong darah melalui pembuluh darah kembali ke jantung, sehingga dapat mencegah varises.


2. Mengonsumsi vitamin C dan protein

Pastikan bahwa Anda cukup mengonsumsi vitamin C dan protein, karena kedua adalah komponen penting dari kolagen, yang dapat mencegah varises muncul.


3. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan tidak hanya memberi dampak buruk bagi kesehatan, namun juga dapat mimicu timbulnya varises. Mereka yang memiliki bobot kaki yang besar tidak mampu memompa kembali darah ke jantung, sehingga menyebabkan varises.


4. Jangan berdiri atau duduk terlalu lama

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.