Kompas.com - 26/08/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Membakar lebih banyak kalori, menurunkan berat badan lebih cepat, membersihkan tubuh dengan mengeluarkan keringat lebih banyak, dan mengurangi risiko cedera dengan melonggarkan otot, adalah banyak teori mengapa kelas yoga panas atau hot yoga dinilai lebih sehat ketimbang olahraga yang dilakukan di ruangan biasa. Sayangnya, tak semua bisa menikmati olahraga ini.

Suhu panas dalam hot yoga bisa bervariasi dari kelas ke kelas. Kelembaban dan ventilasi juga berbeda, sehingga membuat perbedaan besar pada kemampuan seseorang untuk mengambil manfaat dari kelas yoga panas, para ahli mengatakan.

Karena itulah, untuk beberapa kondisi kesehatan, para ahli merekomendasikan untuk berbicara dengan instruktur atau bahkan dokter.

"Beberapa orang dengan masalah jantung dan paru-paru, disarankan menghindari kelas yoga panas. Begitu juga dengan wanita hamil, harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengambil kelas yoga panas untuk menyadari risiko yang sangat nyata dari dehidrasi dan kepanasan", kata Dr Jason Zaremski, asisten profesor di University of Florida College of departemen Kedokteran ortopedi dan rehabilitasi.

"Suhu yang panas bisa membuat ibu hamil kekurangan asupan oksigen, yang akhirnya membuat janin juga kekurangan oksigen, sehingga memicu kondisi gawat janin. Termasuk kondisi dehidrasi akibat banyaknya keringat yang keluar," katanya.

“Suhu panas juga membuat tubuh merasa lelah lebih cepat, sehingga dapat memengaruhi postur tubuh dan mengubah kemampuan tubuh untuk mengontrol otot-otot dan gerakan, yang kemudian dapat meningkatkan risiko cedera.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.