Kompas.com - 01/09/2016, 07:30 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Menurut ahli, rokok elektronik yang disebut vape itu kurang berbahaya dibanding rokok biasa. Namun tak berarti vaping tidak berbahaya.

Vaping dinilai merusak pembuluh darah di jantung sama seperti rokok biasa. Meskipun National Health Service di Inggris mengatakan rokok elektronik merupakan alat bantu untuk merokok, sejumlah ilmuwan sudah menegaskan vaping itu lebih berbahaya daripada yang disadari masyarakat.

Ahli jantung Profesor Robert West dari University College London mengatakan,"Cukup adil untuk berkata studi membuktikan rokok elektronik bukannya tanpa risiko. Pertanyaannya, seberapa banyak risikonya."

Para peneliti di kongres European Society of Cardiology yang berlangsung di Roma menyebut keputusan NHS untuk mendukung rokok elektronik terlalu prematur.

Tim peneliti menemukan, rata-rata vaping berdampak sama terhadap kekakuan pembuluh aorta jantung sama seperti merokok biasa.

Berbicara di Roma, peneliti utama Professor Charalambos Viachopoulos dari University of Athens, "Kami mengukur kekakuan aorta. Jika aorta kaku, itu artinya Anda melipatgandakan risiko kematian, baik akibat penyakit jantung atau pun yang lain."

Ia menambahkan,"Rokok elektronik memang kurang berbahaya dibandingkan rokok biasa tetapi bukan berarti tanpa bahaya. Vaping dapat membahayakan jantung dalam jangka panjang. Ini lebih berbahaya dari yang kita bayangkan."

"Saya tak akan merekomendasikan sebagai metode untuk berhenti merokok," tambahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.