Kompas.com - 03/10/2016, 19:36 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan pendamping ASI yang diberikan kepada bayi setelah usia 6 bulan harus memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Salah satu variasi makanan pendamping ASI yang bernutrisi, yaitu ubi ungu.

Ubi ungu jarang menjadi pilihan makanan, padahal mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat menyehatkan saluran cerna.

"Ubi ungu mengandung antosianin, pigmen alami warna ungu yang bersifat untuk antioksidan dan memiliki aktifitas prebiotik atau bakteri baik di dalam saluran cerna," ujar dokter spesialis anak konsultan nutrisi dan metabolik Julistio Djais di Jakarta, Senin (3/10/2016).

Ubi ungu juga merupakan sumber karbohidrat, juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan ribovlavin. Tak terkecuali sumber mineral seperti zat besi, fosfor, kalsiun, zinc, selenium, dan yodium terdapat dalam ubi ungu.

Guru Besar Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS menambahkan antosianin pada ubi ungu memperbaiki saluran cerna dengan cara meningkatkan bakteri baik sehingga berfungsi sebagai prebiotik yang menjaga keseimbangan bakteri di pencernaan.

Dengan saluran cerna yang sehat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. "Dibanding ubi lainnya, antosianin pada ubi ungu paling tinggi," kata Ali.

Keunggulan lainnya, ubi ungu sangat cocok untuk anak yang alergi atau intoleransi gluten, seperti yang memiliki penyakit celiac. Ali mengatakan, untuk makanan pendamping ASI jangan hanya ubi ungu saja, tetapi juga dicampur dengan sumber protein lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.