Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Pereda Gejala Sindrom Pra-menstruasi

Kompas.com - 27/10/2016, 20:07 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com — Kelelahan, jerawat, kembung, ingin makan, atau suasana hati buruk adalah ciri umum sindrom pra-menstruasi. Sindrom ini muncul satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Sekitar 85 persen wanita mengalami paling tidak satu dari gejala-gejala itu.

Kabar baiknya, pola makan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan sindrom pra-haid. Caranya, mengurangi garam, gula, dan alkohol. Semua zat itu diketahui membuat sindrom pra-haid makin buruk. Berikut ini makanan-makanan yang dapat membantu Anda meredakan sindrom pra-menstruasi:

1. Alpukat
Jika kembung, ingin makan, dan kram otot termasuk gejala sindrom pra-haid yang dialami, makanlah alpukat.

Lemak sehat dalam alpukat mengandung potasium, mineral yang bertindak sebagai diuretik alami yang menyapu kelebihan garam dan cairan dalam tubuh. Potasium juga membantu mengatasi kram otot sekaligus memberi rasa kenyang.

2. Bit
Studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition yang melacak lebih dari 3.000 wanita selama 10 tahun menemukan risiko sindrom pra-menstruasi lebih rendah di kalangan yang mengasup vitamin B1 dan B2. Salah satu sumber vitamin B1 dan B2 adalah bit.

3. Sardin
Ketika periset University of Massachusetts meneliti wanita usia antara 27 dan 44 tahun, mereka menemukan bahwa orang-orang yang mengasup vitamin D dan kalsium mengalami risiko lebih rendah sindrom pra-menstruasi.

Sardin adalah makanan yang kaya akan vitamin D dan kalsium sekaligus mengandung asam lemak omega 3 yang ditemukan membantu mengatasi keluhan pra-menstruasi, seperti kembung, sakit kepala, depresi, cemas, dan kurang konsentrasi.

4. Kacang-kacangan
Hasil studi terbaru yang diterbitkan American Journal of Epidemiology menunjukkan, wanita yang mengasup makanan sumber zat besi dari tanaman mengalami risiko sindrom pra-menstruasi.

Sumber zat besi nabati ini ada pada kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga mengandung serat, zat yang bermanfaat untuk mengatasi sindrom pra-menstruasi.

5. Cokelat hitam
Cokelat pahit ini meringankan gejala pra-menstruasi dengan beberapa cara. Pertama, ada kandungan antioksidan yang membuat pembuluh darah rileks, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki sirkulasi darah.

Itu sebabnya mengonsumsi sepotong cokelat hitam setiap hari selama dua pekan dapat mengurangi kadar hormon stres.

Cokelat hitam pun mengandung magnesium, mineral yang membantu mengatasi gejala pra-menstruasi, seperti kembung, lelah, depresi, dan mudah marah.

Cokelat hitam juga mengandung zat alami unik yang mengangkat suasana hati dan memicu euforia yang serupa dengan perasaan saat jatuh cinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com