Kompas.com - 07/11/2016, 14:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Duduk terlalu lama sudah menjadi gaya hidup pekerja kantoran. Dalam sehari, bisa dihitung berapa menit mereka beranjak dari kursi untuk berdiri. Bukan cuma rapat atau mengetik, makan siang juga lebih sering dilakukan di meja kerja.

Jangan lupa, duduk terlalu lama tak baik untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menemukan kaitan antara duduk terlalu lama dengan berbagai risiko penyakit.

Seperti dikutip dari Boldsky.com, setidaknya ada 4 efek negatif dari duduk selama berjam-jam lamanya.

1. Bikin perut buncit

Beberapa penelitian menunjukkan, duduk terlalu lama di balik meja kerja Anda bisa meningkatkan lemak di perut dengan cepat. Saat duduk, metabolisme tubuh jadi lebih lambat.

Jumlah kalori yang terbakar pun lebih rendah sehingga membuat lemak mudah menumpuk di sekitar pinggang atau perut. Hati-hati, perut buncit bisa memicu penyakit diabetes.

2. Nyeri punggung

Duduk selama berjam-jam dengan posisi yang selalu sama setiap harinya sangat bisa membuat punggung terasa nyeri. Terlalu lama duduk akan menyebabkan tekanan pada tulang belakang. Tak hanya sakit punggung, leher pun bisa terasa nyeri.

3. Meningkatkan gula darah

Banyak ahli menyatakan, duduk terlalu lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Tubuh bisa mengalami lonjakan kadar gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BOLDSKY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.