Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2016, 21:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Jika Anda tinggal di kota, pengalaman ini bisa membawa perubahan besar pada kesehatan mental maupun fisik.

Mandi hutan, atau istilah populer di Jepang ialah Shinrin-yoku, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan mandi air. Namun, konsep utamanya hanyalah menghabiskan waktu di hutan atau lokasi yang penuh dengan pepohonan dan udara yang masih segar.

Cara yang sangat sederhana ini bahkan sudah dipraktikkan di Jepang sejak tahun 1980-an untuk menunjang kesehatan fisik dan mental.

Menurut para ahli kesehatan di Jepang, mandi hutan memiliki kekuatan penyembuhan yang nyata, seperti menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan fisik.

Menghirup udara hutan bahkan dianggap lebih dari sekadar menyegarkan, pepohonan di hutan memiliki phytoncides atau minyak esensial dari kayu yang tersebar di udara. Senyawa tersebut berkhasiat sebagai antimikroba dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, bahkan dinilai dapat mencegah kanker, menurut sebuah studi tahun 2007.

Studi lain menunjukkan bahwa phytoncides secara signifikan meningkatkan aktivitas NK manusia atau sel-sel dalam tubuh yang melawan tumor dan kanker.

Untuk melihat efek mandi hutan, sebuah studi tahun 2010 mempelajari 24 hutan di Jepang. Peneliti memeriksa bagaimana aktivitas Shinrin-yoku ini memengaruhi kesehatan.

Mereka menemukan bahwa lingkungan hutan mempromosikan konsentrasi yang lebih rendah dari hormon stres kortisol, tekanan nadi dan darah yang lebih rendah, aktivitas saraf parasimpatik yang lebih besar, dan aktivitas saraf simpatis yang lebih rendah daripada lingkungan kota. Kondisi tersebut jelas dapat mempromosikan kesehatan fisik maupun mental.

The New York Department of Environmental Conservation juga melihat beberapa studi yang menunjukkan, bahwa kegiatan mandi hutan atau sekadar menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Bahkan dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus (termasuk pada anak-anak dengan ADHD), mempercepat pemulihan dari sakit atau operasi, meningkatkan energi, dan meningkatkan kualitas tidur.

Mandi hutan dapat menjadi cara untuk melepaskan ketegangan dan keseimbangan tubuh Anda. Namun bila Anda tidak bisa berakhir pekan ke hutan dalam waktu dekat, cobalah mengunjungi taman kota dengan pepohonan rindang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com