Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Manfaat Wortel Selain untuk Penglihatan

Kompas.com - 08/01/2017, 09:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Wortel merupakan sayuran yang tak asing lagi dalam hidangan makanan sehari-hari. Wortel biasa ditemui dalam sup hingga salad Selama ini, sayuran berwarna oranye itu lebih dikenal bermanfaat untuk penglihatan.

Wortel sangat kaya akan beta-karoten yang berperan dalam pembentukan vitamin A. Beta-karoten itu membantu menyehatkan mata. Beta-karoten itu pula lah yang membuat warna cerah pada wortel.

Manfaat wortel pun ternyata tak sekedar untuk penglihatan. Seperti dikutip dari Boldsky.com, ada beberapa manfaat lain dari wortel untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga tekanan darah
Konsumsi wortel membantu menjaga tekanan darah. Apabila dikonsumsi secara teratur, tekanan darah akan tetap stabil. Untuk menurunkan tekanan darah, cobalah dengan minum jus wortel.

2. Mencegah kanker
Menurut studi terbaru, konsumsi wortel juga membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan falcarinol dalam wortel. Antioksidan pada wortel juga membantu untuk detoksifikasi racun dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, rutin makan wortel menurunkan risiko kanker payudara sebesar 40- 60 persen. 

3. Menyehatkan kulit
Vitamin A pada wortel dapat membuat kulit lebih bercahaya. Seperti diketahui, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kekeringan pada kulit. Wortel dapat menutrisi kulit dan juga membantu mencegah keriput muncul lebih cepat

4. Mencegah risiko penyakit jantung
Anda tak akan rugi jika suka makan wortel. Tingginya kandungan karotenoid dalam wortel membantu mencegah kemungkinan terkena penyakit jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com