Kompas.com - 08/01/2017, 09:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Wortel merupakan sayuran yang tak asing lagi dalam hidangan makanan sehari-hari. Wortel biasa ditemui dalam sup hingga salad Selama ini, sayuran berwarna oranye itu lebih dikenal bermanfaat untuk penglihatan.

Wortel sangat kaya akan beta-karoten yang berperan dalam pembentukan vitamin A. Beta-karoten itu membantu menyehatkan mata. Beta-karoten itu pula lah yang membuat warna cerah pada wortel.

Manfaat wortel pun ternyata tak sekedar untuk penglihatan. Seperti dikutip dari Boldsky.com, ada beberapa manfaat lain dari wortel untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga tekanan darah
Konsumsi wortel membantu menjaga tekanan darah. Apabila dikonsumsi secara teratur, tekanan darah akan tetap stabil. Untuk menurunkan tekanan darah, cobalah dengan minum jus wortel.

2. Mencegah kanker
Menurut studi terbaru, konsumsi wortel juga membantu menurunkan risiko beberapa penyakit kanker. Hal ini karena adanya kandungan falcarinol dalam wortel. Antioksidan pada wortel juga membantu untuk detoksifikasi racun dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, rutin makan wortel menurunkan risiko kanker payudara sebesar 40- 60 persen. 

3. Menyehatkan kulit
Vitamin A pada wortel dapat membuat kulit lebih bercahaya. Seperti diketahui, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kekeringan pada kulit. Wortel dapat menutrisi kulit dan juga membantu mencegah keriput muncul lebih cepat

4. Mencegah risiko penyakit jantung
Anda tak akan rugi jika suka makan wortel. Tingginya kandungan karotenoid dalam wortel membantu mencegah kemungkinan terkena penyakit jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Boldsky

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.