Kompas.com - 25/02/2017, 07:52 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Saya memiliki bayi berumur 6,5 bulan dan sudah diberikan MPASI. Pertanyaan saya, mengapa bayi saya ini justru jadi sering sembelit setelah mendapat MPASI, padahal waktu masih ASI tidak ada masalah sama sekali.

Saya juga sudah memasukkan buah-buahan seperti pepaya dalam menu makanan atau camilannya. Apa yang harus dilakukan ya dok supaya masalah sembelitnya berkurang. Kasihan melihatnya kalau ia harus ngedan keras saat BAB.
Fariza (29), Jakarta


JAWAB :
Sayang sekali Ibu tidak memberikan penjelasan lebih detil tentang sembelit yang dialami, bentuk tinjanya maupun frekuensinya.

Sembelit adalah kondisi dimana bayi menunjukkan tanda-tanda kesakitan saat BAB, tinja yang lebih kering atau berbentuk butir-butiran lebih kecil.

Pada beberapa kasus hal ini dapat merupakan kondisi normal, atau adanya kelainan organik/anatomi.  Kadangkala komposisi yang terdapat di dalam MPASI dapat menyebabkan hal tersebut atau terdapat luka lecet di sekitar anusnya sehingga ia menahan setiap kali ini BAB yang akhirnya menyebabkan tinja nya lebih keras.

Selain melanjutkan MPASI nya berikan ia sesering mungkin air putih untuk mengurangi risiko terjadinya dehidrasi. Ada baiknya si kecil dibawa berobat ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.