Kompas.com - 08/03/2017, 16:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com -Obesitas selama ini lebih dikenal sebagai faktor risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi, hingga jantung. Namun, obesitas juga dapat memicu terjadinya gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis, meski sebelumnya tidak memiliki pengakit diabetes maupun hipertensi.

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr. Dharmeizar, SpPD-KGH menjelaskan, obesitas menyebabkan peradangan di tubuh dan gangguan hemodinamik pada ginjal.

"Kalau obesitas, ginjal akan terlalu berat mengeluarkan zat-zat metabolisme yang enggak perlukan lagi oleh tubuh. Ginjal harus bekerja keras, " kata Dharmeizar dalam acara peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Rabu (8/3/2817).

Tubuh yang lebih besar sejatinya membutuhkan fungsi ginjal yang besar pula. Bila tubuh kita bertahun-tahun obesitas, fungsi ginjal perlahan akan menurun dan dalam skala yang berat terjadilah gagal ginjal. Kalau sudah gagal ginjal, pasien harus menjalani hemodialisis atau dikenal dengan cuci darah secara rutin. 

Di sisi lain, obesitas memang menjadi faktor risiko diabetes dan hipertensi. Apabila pasien tidak bisa mengontrol gula darah dan tekanan darah, kerusakan ginjal pun sulit dihindari.

Mereka yang obesitas menjadi jauh lebih berisiko terkena gagal ginjal dibanding yang tidak obesitas atau memiliki berat badan normal.

Peringatan Hari Ginjal Sedunia pada 9 Maret mengangkat tema Penyakit Ginjal dan Obesitas. Pencegahan penyakit ginjal kronis harus diutamakan daripada sudah terlanjur terkena penyakit dan harus cuci darah seumur hidup.

Penyakit ginjal dapat kita cegah salah satunya dengan mengatasi obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.