Awas, 4 Jenis Makanan Ini Bikin Susah Tidur Malam

Kompas.com - 17/12/2019, 19:30 WIB
Ilustrasi insomnia shutterstockIlustrasi insomnia

KOMPAS.com - Insomnia atau susah tidur di malam hari sering kali menjadi hal sangat menyebalkan. Pasalnya, menurut ritme sirkadian atau siklus jam dalam hidup manusia, malam hari adalah waktu untuk beristirahat.

Bukan hanya menyebalkan, insomnia juga dapat mengganggu kesehatan. Terlebih jika gangguan ini berlangsung dalam jangka panjang.

Anggapan yang beredar di masyarakat, kafein merupakan biang utama susah tidur. Faktanya, tidak hanya kafein yang bikin orang insomsia.

Baca juga: Ibu Hamil Susah Tidur? Atasi dengan 6 Cara Berikut

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa bahan makanan dan minuman yang bikin kita susah tidur.

1. Gula

Melansir Medical News Today (13/12/2019), beberapa bahan makanan dan minuman berkadar gula tinggi berpotensi membuat orang susah tidur.

Pendapat tersebut mengacu riset yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition.

Hasil riset menunjukkan orang yang susah tidur cenderung doyan makanan dan minuman tinggi gula; seperti soda, nasi putih, dan roti putih.

Menurut riset dari peneliti Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons di New York, gula darah meningkat dengan cepat saat tubuh mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Baca juga: Susah Tidur di Malam Hari Terasa Mengganggu, Coba 7 Tips Mudah Berikut

Respons tubuh normal saat gula darah meningkat adalah melepaskan insulin. Tujuannya untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Penurunan gula dalam darah dapat menyebabkan pelepasan hormon adrenalin dan kortisol. Kedua hormon tersebut dapat mengganggu tidur.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X