Kompas.com - 04/02/2020, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa kanker adalah penyakit kronis yang menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak.

Melansir SehatQ, kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia hingga saat ini. Banyak riset membuktikan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia terus mengalami kenaikan.

Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah penyakit mematikan ini menular?

Baca juga: Kenali 5 Faktor Risiko Kanker Sebelum Terlambat

Menurut Hello Sehat, tidak ada jenis kanker apa pun yang menular karena penyakit ini terjadi akibat adanya gangguan pertumbuhan pada sel dan akhirnya mengubah sel menjadi sel kanker.

Laman Canadian Cancer Society pun menyebut bahwa tidak ada bukti kontak dekat - termasuk mencium, menyentuh, berhubungan seks, berbagi makanan atau menghirup udara yang sama - dengan penderita kanker akan membuat kita tertular.

Sel kanker seseorang biasanya tidak akan bertahan hidup dalam tubuh orang sehat lain karena sistem kekebalannya akan menghancurkan sel kanker asing.

Namun, kanker bisa menular kepada seseorang dengan dua cara berikut:

1. Transplantasi organ

Dalam kasus yang jarang terjadi, transplantasi organ dari penderita kanker dapat menyebabkan kanker pada orang yang mendapatkan organ tersebut.

Ini terjadi karena orang yang mendapat transplantasi organ harus minum obat yang melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Obat tersebut menghentikan sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ transplantasi.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.