Awas Asal Minum Wedang Jahe, Bisa Jadi Bumerang untuk Tubuh

Kompas.com - 09/03/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi minuman jahe udraIlustrasi minuman jahe

KOMPAS.com - Banyak orang mengandalkan jahe saat kondisi tubuhnya tidak prima.

Bumbu dapur ini kerap dibuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Popularitas jahe belakangan kian menanjak setelah rimpang yang satu ini disebut berkhasiat untuk berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Tertawa, Cara Mudah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Bijak dengan gula dan tak berlebihan

Belakangan, banyak orang beramai-ramai berburu jahe untuk menangkal virus corona biang penyakit Covid-19.

Melansir Sehat Q, manfaat jahe untuk menangkal infeksi sejumlah bakteri dan virus ditunjang kandungan gingerol dalam jahe.

Zat itu disebut dapat menghambat infeksi bakteri seperti Shigella dan E.coli, sampai menangkal infeksi virus RSV biang penyakit saluran pernapasan.

"Hati-hati mengonsumsi ramuan jahe. Kalau kebablasan bisa memberikan efek sebaliknya buat tubuh," jelas ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum., saat berbincang dengan Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: 5 Buah untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kendati punya segudang manfaat, minum ramuan jahe dengan tambahan gula berlebih justru bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, konsumsi gula orang dewasa dengan aktivitas normal, maksimal empat sendok makan atau 50 gram per hari.

"Tambahan gula berlebih dalam ramuan jahe justru membuat daya tahan tubuh anjlok, kortisol naik, stres oksidatif (radikal bebas dalam tubuh meningkat). Salah-salah infeksi virusnya malah menjadi-jadi," kata Tan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X