Jangan Disepelekan, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Bawang Putih

Kompas.com - 10/03/2020, 06:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Siapa yang menyangka jika bawang putih ternyata kaya akan manfaat kesehatan.

Banyak orang selama ini melihat tanaman dengan nama ilmiah Allium sativum tersebut hanya berguna sebagai bagian dari bumbu dapur.

Tapi sejarah mengungkap, bawang putih nyatanya pernah digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu.

Baca juga: Ribuan Tahun Digunakan, Ini 6 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Menurut sejarah di Timur Tengah, Asia Timur, dan Nepal, khasiat bawang putih dulu digunakan untuk mengobati bronkitis, tekanan darah tinggi, perut kembung, sampai demam.

Penggunaan bawang putih kemudian makin moncer berkat bangsa penjajah seperti Prancis, Spanyol, dan Portugis.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan riset di bidang kesehatan, kandungan dan manfaat bawang putih pun mulai banyak diteliti.

Kandungan gizi bawang putih

Melansir Buku The Miracle of Herbs (2013) karya dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, banyak zat positif yang terkandung di dalam bawang putih.

Kadar air di dalam beberapa jenis bawang putih diketahui cukup tinggi, yakni sekitar 63-90 ml dengan komponen utama berupa protein, karbohidrat, dan lemak.

Sedangkan komponen mikron yang terdapat di dalam bawang putih, di antaranya yakni kalsium, besi, provitamin A dan serat (crude fiber).

Berikut ini kandungan zat gizi bawang putih dalam 100 gram bahan berdasarkan Buku Khasiat dan Manfaat Bawang Putih (2003) karya Dra. Iyam Siti Syamsiah, Apt dan Tajudin S.Si:

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X