Kompas.com - 05/04/2020, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Selain menganggu penampilan, varises juga menimbulkan sensasi tak nyaman di tubuh.

Varises terjadi ketika pembuluh darah membesar, melebar, dan terjadi penumpukan darah sehingga muncul garis-garis biru atau ungu di permukaan kulit.

Dalam kebanyakan kasus, varises biasannya muncul di kaki bagian bawah. Varises terjadi ketika katup vena tidak berfungsi dengan baik sehingga darah tidak mengalir secara efektif.

Menurut data Mayo Clinic, varises seringkali tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, jika terjadi pembengkakan, nyeri atau rasa tidak nyaman yang mengangu, kita harus segera menghubungi dokter.

Penyebab

Varises terjadi ketika vena tidak berfungsi dengan baik. Vena memiliki katup satu arah yang mencegah darah mengalir mundur.

Ketika katup-katup tersebu gagal berfungsi, darah akan mengumpul di pembuluh darah dan tak bisa diteruskan menuju jantung.

Varises biasanya terjadi di area kaki karena pengaruh gravitasi membuat darah lebih sulit mengalir ke bagian atas tubuh.

Beberapa faktor juga bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami varises. Berikut faktor-faktor tersebut:

1. kehamilan

Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin.

Namun, hal ini dapat memperbesar pembuluh darah di kaki. Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat berperan dalam mengembangkan varises.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.