3 Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Wanita, Selain Nyeri Dada

Kompas.com - 14/04/2020, 07:57 WIB
Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner.

KOMPAS.com - Penyakit jantung koroner dapat memicu serangan jantung. Kondisi ini terjadi saat aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung tersendat atau tersumbat.

Penyakit jantung ini disebabkan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit karena penumpukan lemak, kolesterol, atau plak.

Banyak orang menandai nyeri dada sebagai tanda utama serangan jantung.

Baca juga: Hati-hati, Ini 11 Tanda Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Padahal, gejala penyakit jantung ini terkadang tidak dialami beberapa orang, terutama para wanita.

"Pria dan wanita bisa merasakan nyeri dada seperti ada beban berat menghantam dada saat serangan jantung. Tapi, wanita bisa tidak mengalaminya," jelas ahli jantung Nieca Goldberg, MD dari American Heart Association.

Menurut Goldberg, karena tanda-tandanya tidak kentara, wanita yang mengalami serangan jantung kerap mengira dirinya mengidap penyakit lainnya.

"Banyak wanita mengira sakit yang dirasakannya karena refluks asam lambung (GERD), flu, atau gejala menopause biasa," ujar dia.

Baca juga: Makan 1 Telur Setiap Hari Aman dari Penyakit Jantung, asal...

Senada dengan Goldberg, ahli jantung dari Cleveland Clinic Leslie Cho, MD juga berpendapat banyak wanita yang mengalami serangan jantung tanpa merasakan nyeri dada.

"Gejalanya tidak selalu nyeri dada. Bisa saja seperti ada tekanan di dada atau asam lambung naik," jelas Dr. Cho.

Dr. Cho menyebut ada beberapa ciri-ciri penyakit jantung pada wanita, sebelum terjadinya serangan jantung dan kerap tidak disadari, antara lain:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X