Cara Aman Berenang di Pantai atau Kolam saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 31/05/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi pantai SHUTTERSTOCKIlustrasi pantai

KOMPAS.com - Berenang di pantai atau pemandian umum menjadi favorit banyak orang untuk menyegarkan pikiran. Di tengah situasi pandemi ini, aktivitas tersebut bisa menjadi hal menakutkan.

Beberapa daerah memang mulai berencana membuak wisata pantai atau pemandian umum. Tentu saja, hal itu masih menimbulkan kekhawatiran banyak orang mengenai risiko penularan Covid-19.

Banyak orang berpikir Covid-19 bisa ditularkan melalui air. Bagaimana pendapat ahli mengenai hal ini?

Baca juga: Lakukan 6 Kebiasaan Ini Jika Ingin Pandemi Covid-19 Cepat Selesai

Penularan Covid-19 melalui air

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), tidak ada bukti kongkret Covid-19 bisa menyebar ke manusia melalui air di kolam, baik kolam air panas, spa atau area bermain air.

Pasalnya, pihak pengelola telah menerapkan pemeliharaan fasilitas yang memadai, seperti penyemprotan desinfektan untuk menonaktifkan virus.

Namun, hal yang sama belum tentu berlaku di area pantai. Menurut ahli pengobatan darurat Robert Glatter, air laut biasanya bercampur dengan limbah yang terkontaminasi virus.

"Partikel-partikel tersebut bisa terbawa ke pantai melalui gerakan ombak. Namun, kondisi ini peluangnya sangat kecil," ucap dia.

Selain itu, air laut mengandung garam yang tinggi sehingga dapat membunuh virus. Namun, para peneliti masih memerlukan pengujian mendalam mengenai hal ini.

Meski kecil kemungkinan virus menular melalui perantara air, risiko penularan Covid-19 dari kolam renang atau pantai belum tentu tidak ada.

Pantai, kolam renang, atau pemandian umum adalah tempat publik yang biasanya dikunjungi banyak orang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X