Selain Turunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Lain "Plant Based Diet"

Kompas.com - 27/06/2020, 06:00 WIB
Ilustrasi sayuran segar ShutterstockIlustrasi sayuran segar

KOMPAS.com - Metode plant based diet sedang menjadi tren. Pola diet ini dianggap mujarab untuk menurunkan berat badan.

Plant based diet merupakan pola makan yang menekankan produk nabati dan meminimalisir konsumsi produk hewani dan makanan olahan.

Pola makan semacam ini ternyata tak hanya menurunkan berat badan tetapi juga membantu menurunkan risiko kematian dini karena penyakit kronis, seperti penyakit jantung.

Hal tersebut telah terbukti dalam riset 2019 yang dilakukan para ilmuwan dari Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Baca juga: Benarkah Minum Kopi Bisa Sebabkan Asam Urat?

Selama 12 tahun masa penelitian, periset berhasil membuktikan bahwa plant based diet berhasil menurunkan peluang kematian dini sebesar delapan persen.

Sementara itu, risiko kematian karena penyakit jantung juga menurun hingga 10 persen.

Pengaruh plant based diet pada kesehatan

Menurut peneliti, pola makan berbasis nabati membantu mengurangi peradangan dan memiliki efek antioksidan.

Ahli diet dari UCLA Medical Center juga mengatakan, makanan berbasis nabati, seperti sayur, biji-bijian, dan buah, mengandung semua nutrisi, serat, kadar air, sifat antiinflamasi, dan antioksidan.

"Semua kandungan bergizi tersebut membuat bahan makanan berbasis nabati meningkatkan kesehatan kita secara signifikan," ucap Hunnes.

Hunnes juga mengatakan, banyak penelitian telah membuktikan orang yang mengonsumsi makanan nabati cenderung memiliki berat badan dan indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X