Bau Mulut: Penyebab dan Cara Mengatasi

Kompas.com - 18/07/2020, 10:33 WIB
Ilustrasi bau mulut TharakornIlustrasi bau mulut

 

KOMPAS.com - Bau mulut adalah salah satu mimpi buruk bagi banyak orang. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa malu, khawatir, dan cemas.

Meski bukan kondisi yang mematikan, nyatanya bau mulut menjadi perhatian banyak orang. Tak heran banyak produk obat kumur, permen, hingga permen karet penghalau bau mulut laris terjual.

Ini karena bau mulut dialami 25 persen penduduk dunia.

Baca juga: Bau Mulut? Cegah dengan Bersihkan Lidah Selama 2 Menit

Dalam istilah medis, bau mulut disebut halitosis.

Kondisi ini merupakan tanda bahwa seseorang memiliki kesehatan gigi yang buruk. Namun, bau mulut juga bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius.

Penyebab bau mulut

Bau mulut umumnya merupakan tanda bahwa ada masalah pada kesehatan gigi Anda. Meski begitu, secara rinci, bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai hal berikut ini.

1. Makanan

Makanan tertentu bisa menjadi penyebab bau mulut. Beberapa makanan seperti bawang putih juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Merangkum dari Medical News Today, pecahnya partikel makanan yang terjebak di gigi dapat menyebabkan bau.

Selain itu, setelah makanan dicerna, produk pecahannya akan dibawa oleh darah ke paru-paru. Hal ini juga bisa mempengaruhi bau mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X