4 Tanda Kesalahan Cara Menyikat Gigi

Kompas.com - 10/08/2020, 16:31 WIB
Ilustrasi sikat gigi ShutterstockIlustrasi sikat gigi


KOMPAS.com – Menyikat gigi mungkin tampak sebagai pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Namun tanpa sadar, ada banyak kesalahan yang rentan terjadi dalam menyikat gigi, sehingga malah berisiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Jika satu saja tanda-tanda di bawah ini terjadi, berarti ada kemungkinan cara menyikat gigi yang selama ini Anda lakukan kurang benar.

Baca juga: 8 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

1. Karang gigi

Melansir Buku Kesehatan Gigi dan Mulut: Apa yang Sebaiknya Anda Tahu (2016) oleh Rachmat Hidayat, S.K.M., M.Kes dan drg. Astrid Tandiari, secara singkat, karang gigi adalah plak yang mengeras karena proses mineralisasi.

Jika karang gigi muncul, maka bis adipastikan kita tidak menyikat mahkota gigi dengan efektif dan tepat guna, sehingga tidak sampai menghilangkan plak yang timbul.

Jadi, perhatikan cara menyikat gigi yang benar, terutama pada saat membersihkan mahkota gigi bagian dalam (belakang).

2. Radang gusi

Radang gusi atau gingivitis adalah peradangan pada gusi yang ditandai dengan perubahan warna gusi menjadi merah tua.

Selain itu, gejala radang gusi bisa dikenali dengan kondisi gusi yang terlihat bengkak, terasa sakit, termasuk bisa mengeluarkan darah.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X