Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2020, 15:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com - Jerawat adalah penyakit kulit yang umum terjadi.

Tak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, kemunculan jerawat di wajah kerap kali berdampak pada penurunan kepercayaan diri.

Meskipun perawatan konvensional dapat ditempuh untuk menghilangkan jerawat, perawatan tersebut sering kali dikaitkan dengan efek samping, seperti iritasi kulit dan kekeringan.

Baca juga: 10 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Oleh karena itu, banyak orang telah beralih ke alternatif alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Sudah ada banyak obat jerawat alami yang tersedia di luar sana, tapi memang baru sedikit yang terbukti secara ilmiah dapat membantu.

Berikut ini adalah cara cepat menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang dapat dijajal:

1. Obati jerawat dengan tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh dari hasil ekstraksi daun pohon Melaleuca alternifolia.

Melansir Health Line, tea tree oil terkenal mampu menghilangkan jerawat dengan cepat karena kemampuannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Secara khusus, tea tree oil bisa membantu melawan P. acnes dan S. epidermidis, dua jenis bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Sebuah studi menemukan bahwa gel tea tree oil 5 persen hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi lesi jerawat dan hampir enam kali lebih efektif dalam mengurangi keparahan jerawat daripada obat plasebo.

Baca juga: 17 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Dalam penelitian lain, gel yang mengandung 5 persen tea tree oil terbukti sama efektifnya dalam mengurangi jerawat seperti lotion yang mengandung 5 persen benzoyl peroxide, obat jerawat yang umum dipakai.

Perawatan kulit dengan tea tree oil juga menghasilkan efek samping yang lebih rendah, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar.

Namun, tetap penting untuk diperhatikan bahwa tea tree oil bisa sangat manjur, tapi pada sebagian orang dapat menyebabkan efek samping berupa kemerahan dan iritasi di kulit.

Untuk alasan ini, tea tree oil akan lebih baik jika diencerkan lebih dulu dengan minyak pembawa sebelum digunakan untuk mengatasi jerawat.

Sementara itu, menurut National Center for Complementary and Integrative Health, baru sedikit penelitian yang telah dilakukan tentang penggunaan tea tree oil secara topikal untuk kondisi kesehatan dan belum terlalu banyak juga studi yang menunjukkan bahwa tea tree oil bermanfaat untuk jerawat.

Jadi, jika Anda memilih untuk mencoba tea tree oil untuk menghilangkan jerawat, gunakan dengan aman dan selalu lakukan tes iritasi pada kulit.

Baca juga: Jerawat: Penyebab, Komplikasi, dan Cara Mengatasi

Apabila dalam 10-15 menit setelah didiamkan tidak ada keluhan apapun, barulah Anda dapat melanjutkan pemakaian tea tree oil untuk menghilangkan jerawat.

Cara cepat menghilangkan jerawat dengan tea tree oil:

  • Campurkan 1 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh minyak pembawa
  • Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan langsung ke jerawat
  • Oleskan pelembab, jika diinginkan
  • Ulangi proses ini 1–2 kali sehari, sesuai kebutuhan

2. Obati jerawat dengan minyak esensial lainnya

Selain tea tree oil, banyak minyak esensial lain yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi dapat membantu membersihkan jerawat dengan cepat.

Sebuah tinjauan ilmiah besar menemukan bahwa minyak esensial dari kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh dapat melawan bakteri penyebab jerawat, seperti S. epidermidis dan P. acnes.

Rosemary dan serai juga terbukti bisa menghambat perkembangan P. acnes.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com