9 Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari

Kompas.com - 12/08/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi lapar. SHUTTERSTOCKIlustrasi lapar.


KOMPAS.com – Penyakit diabetes mellitus kerap disebut sebagai silent killer karena gejalanya sering tak disadari tapi bisa begitu mematikan.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda mengalami diabetes atau tidak adalah dengan melakukan tes gula darah di fasilitas kesehatan.

Namun, sebelum melakukan tes gula darah, Anda dapat pula mendeteksi secara mandiri gejala diabetes yang mungkin sudah sudah terjadi.

Baca juga: 4 Tanda Awal Gejala Diabetes yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini adalah ragam gejala diabetes yang yang sering tak disadari:

1. Sering buang air kecil

Melansir Buku 100 Questions & Answers Diabetes (2009) oleh Srikandi Waluyo, sering buang air kecil (BAK) bisa menjadi tanda kadar gula darah tinggi atau hiperglikemia.

Hal ini bisa terjadi karena ginjal tidak bisa menyerap glukosa, sehingga produksi urine menjadi meningkat.

Jika pada kondisi normal orang dewasa rata-rata hanya buang air kecil sebanyak 4-7 kali per hari atau 24 jam, penderita diabetes bisa kencing lebih dari jumlah itu dalam sehari.

2. Sering haus

Sering haus juga bisa menjadi tanda kadar gula darah tinggi.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X