8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Kompas.com - 08/10/2020, 06:00 WIB
ilustrasi penyakit ginjal Kompas.comilustrasi penyakit ginjal

KOMPAS.com – Kesehatan ginjal sangat penting dijaga mengingat fungsinya yang begitu vital.

Ginjal di antaranya memiliki fungsi membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh.

Apabila ginjal sampai rusak dan terjadi komplikasi, maka penderitanya bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti anemia, gangguan elektrolit, sampai malnutrisi.

Baca juga: 10 Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Bahkan, kondisi ginjal yang kurang baik bisa membuat seseorang harus menjalani cuci darah atau hemodialisis sampai 3 kali seminggu, termasuk konsumsi obat-obatan khusus.

Parahnya, penyakit ginjal kronis ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Pada anak-anak, penyakit ginjal kronis bukan hanya bisa memengaruhi fisik mereka, melainkan juga sosial, emosi, termasuk prestasi belajar di sekolah.

Merangkum Medical News Today dan Health Line, tersedia sejumlah cara menjaga kesehatan ginjal yang baik dipraktikan sedari dini untuk mencegah penyakit ginjal kronis.

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Terapkan diet sehat dan seimbang

Setiap orang, terutama anak-anak dianjurkan untuk dapat menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk mencegah gizi lebih atau obesitas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X