Kompas.com - 05/12/2020, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Penularan utama virus corona terjadi lewat droplet. Itu sebabnya, kita disarankan melakukan physical distancing untuk mencegah penularan.

Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat kita tanpa sengaja melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif Covid-19.

Tentunya, kondisi ini seringkali membuat kita bertanya-tanya: apakah mungkin kita tidak tertular meski pernah berada di dekat orang yang positif Covid-19?

Baca juga: Apa Penyebab Penyakit Tipes?

Faktor risiko tertular Covid-19

Menurut laporan laman Cleveland Clinic, kita mungkin bisa tidak tertular meskipun pernah berada di dekat orang yang positif Covid-19.

Pasalnya, risiko kita terinfeksi sangat berkaitan dengan langkah-langkah keamanan yang kita ikuti ketika berinteraksi dengan pasien Covid-19.

Berikut beberapa hal yang memengaruhi kemungkinan kita tertular Covid-19:

  • apakah kita dan orang yang positif Covid-19 memakai masker saat berinteraksi?
  • apakah kita menjaga jarak setidaknya 2 meter?
  • apakah kita mencuci tangan setelah berinteraksi?

Mengikuti semua protokol kesehatan yang terlah ditetapkan akan meminimalisir risiko kita terpapar virus corona.

Sebaliknya, tidak mematuhi protokol kesehatan akan meningkatkanrisiko infeksi.

Di sisi lain, banyak hal yang memengaruhi kemungkinan seseorang terpapar Covid-19, seperti kondisi tubuh dan tingkat imunitas. Berapa lama waktu yang kita habiskan ketika berintraksi dengan orang yang positif Covid-19 juga menentukan risiko terpapar.

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), langkah aman agar kita tidak terpaparCovid-19 adalah melakukan physical distancing dengan jarak minimal 2 meter dalam waktu maksimal 15 menit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.