Mengenal Dwarfisme, Kondisi yang Ganggu Pertumbuhan Manusia

Kompas.com - 18/01/2021, 08:00 WIB
Sebuah ilustrasi kromosom. KOMPAS.com/RIGEL RAIMARDASebuah ilustrasi kromosom.

KOMPAS.com - Dwarfisme adalah kondisi medis atau genetik yang menyebabkan seseorang memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek daripada manusia pada umumnya.

Secara umum, gangguan dibagi menjadi dua kategori yakni:

- Dwarfisme yang tidak proporsional

Penderita dwarfirme ini memiliki ukuran tubuh tidak proporsional, beberapa bagian tubuh kecil, dan lainnya berukuran sedang atau di atas rata-rata.

Dwarfisme jenis ini terjadi karena adanya hambatan pada perkembangan tulang.

- Dwarfisme proporsional

Semua tubuh pada penderita dwarfisme jenis ini memiliki ukuran yang semua bagiannya kecil dan tampak proporsional dengan tinggi tubuhnya.

Gangguan ini terjadi karena kondisi medis yang muncul saat lahir atau muncul di masa kanak-kanak membatasi pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan.

Baca juga: Benarkah Makanan Tertentu Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Penyebab

Sebagian besar kondisi dwarfisme terjadi karena kelainan genetik, tepatnya mutasi genetik.

Sebagian besar kejadian dwarfisme disebabkan oleh mutasi genetik acak pada sperma ayah atau sel telur ibu, bukan dari genetik lengkap salah satu orang tua.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X