Kompas.com - 09/02/2021, 12:12 WIB

KOMPAS.om - Tanpa sengaja, kulit dapat melepuh saat terkena air panas.

Paparan air atau cairan panas pada kulit ini bisa merusak sebagian jaringan dan sel tubuh.

Selain membuat kulit melepuh yang terasa nyeri, tersiram air panas juga dapat menyebabkan syok sampai memicu luka bakar yang mengancam jiwa.

Baca juga: 9 Tanda-tanda Infeksi pada Luka di Kulit

Pertolongan pertama luka bakar saat kena air panas

Cara mengobati luka bakar saat kena air panas bisa beragam, tergantung tingkat keparahannya. Berikut pertolongan pertama saat seseorang tersiram air panas:

  1. Jauhkan tubuh dari sumber panas untuk mencegah cedera lebih lanjut
  2. Dinginkan area yang kena air panas di bawah air mengalir setidaknya 20 menit. Jangan menggunakan es, air es, atau bahan berminyak. Apabila luka bakarnya seluruh tubuh, jangan rendam seluruh tubuh dengan air dingin karena penderita bisa menggigil dan cedera semakin parah
  3. Jaga tubuh orang yang tersiram air panas tetap hangat dengan selimut agar penderita tidak kedinginan
  4. Lepaskan perhiasan, pakaian ketat, jam, atau segala sesuatu di dekat bagian tubuh yang kena air panas. JIka ada barang yang menempel di luka bakar, jangan dipaksa mengelupasnya karena bisa memicu luka lebih parah
  5. Tutupi luka bakar yang tersiram air panas dengan perban lembab atau kain bersih
  6. Gunakan obat penghilang rasa sakit untuk meredakan nyeri
  7. Jika luka bakar melepuh muncul di area wajah, penderita sebaiknya duduk atau tidak berbaring untuk mencegah bengkak

Luka bakar melepuh membutuhkan waktu untuk sembuh. Untuk kasus yang ringan, luka bekas tersiram air panas butuh waktu beberapa hari sampai minggu untuk sembuh.

Baca juga: Perlukah Sabun Khusus Antibakteri untuk Cuci Tangan Cegah Penyakit?

Kapan perlu waspada?

Penanganan pertama luka bakar, aliri dengan air mengalir setidaknya 20 menit.SHUTTERSTOCK/Madhourse Penanganan pertama luka bakar, aliri dengan air mengalir setidaknya 20 menit.
Pertolongan pertama luka bakar saat kena air panas terkadang hanya bisa mengatasi jenis kasus ringan.

Untuk luka bakar melepuh yang cukup parah, terjadi di wajah, tangan, lengan, kaki, tungkai, atau alat kelamin, bawa penderita ke dokter.

Selain itu, segera konsultasikan ke dokter jika Anda melihat tanda-tanda infeksi, atau besarnya luka kena air panas lebih besar dari tujuh centimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.