Kompas.com - 28/02/2021, 17:08 WIB
Ilustrasi sakit perut 5432actionIlustrasi sakit perut

KOMPAS.com – Penyakit autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel-sel sehat dalam tubuh.

Sistem kekebalan biasanya melindungi dari kuman seperti bakteri dan virus. Ketika merasakan serangan asing ini, sistem daya tahan tubuh akan mengirimkan pasukan sel tempur untuk melawan mereka.

Biasanya, sistem kekebalan dapat membedakan antara sel asing dan sel tubuh sendiri.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami

Pada penyakit autoimun, sistem kekebalan salah menganggap bagian tubuh, seperti persendian atau kulit, sebagai benda asing.

Kesalahan ini kemudian medorong tubuh melepaskan protein yang disebut autoantibodi yang menyerang sel sehat.

Beberapa penyakit autoimun hanya menargetkan satu organ. Misalnya, diabetes tipe 1 merusak pankreas.

Sementara, jenis penyakit autoimun lainnya bisa memengaruhi seluruh tubuh, seperti lupus eritematosus sistemik (LES) atau systemic lupus erythematosus (SLE).

Mengapa sistem kekebalan menyerang tubuh?

Melansir Medical News Today, dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh membangkan. Namun beberapa orang bisa jadi lebih mungkin terkena penyakit autoimun daripada yang lain.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Autoimmunity Reviews pada Agustus 2012, wanita mendapatkan penyakit autoimun pada tingkat sekitar 2 banding 1 dibandingkan pria, yakni 6,4 persen wanita, sementara 2,7 persen pria.

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Herbal yang Baik untuk Jaga Imunitas Saat Puasa

Penyakit ini sering kali dimulai selama masa subur seorang wanita, yaitu pada usia 15 sampai 44 tahun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X