Kompas.com - 24/03/2021, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit penyebab utama kematian di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Banyak orang mungkin telah menyadari bahwa penerapan pola makan tidak sehat temasuk faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit mematikan ini.

Namun, beberapa dari kita mungkin masih bertanya-tanya mengenai makanan apa saja sebenarnya yang dapat memicu penyakit jantung.

Baca juga: 8 Tanda Peringatan Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai

Untuk menjadi catatan bersama, berikut ini adalah beberapa makanan yang buruk bagi kesehatan jantung dilansir dari berbagai sumber:

1. Makanan tinggi gula, garam, atau lemak

Seiring waktu, asupan garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Jika Anda mengkhawatirkan jantung Anda, sebaiknya kontrol asupan garam, gula, lemak jenuh, dan karbohidrat setiap hari.

Namun, daripada terpaku pada satu makanan yang buruk, sebaiknya Anda berfokus pada pola makan secara keseluruhan.

Anda masih bisa mengasup makanan tersebut asal Anda mengimbanginya dengan makan buah dan sayuran yang menyehatkan jantung, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak.

2. Bacon

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.