Kompas.com - 05/04/2021, 18:07 WIB
Ilustrasi pusing Shutterstock/jaojormamiIlustrasi pusing

KOMPAS.com – Muntah darah adalah kondisi ketika seseorang memuntahkan isi lambung yang bercampur darah (dalam jumlah banyak) atau darah saja.

Dalam dunia medis, muntah darah atau muntaber dikenal juga sebagai hematemesis.

Hanya ditemukan sedikit bercak darah pada muntahan atau ludah mungkin berasal dari gigi, mulut, atau tenggorokan, dan biasanya hal tersebut tidak dianggap sebagai hematemesis.

Baca juga: 21 Penyebab Muntah Darah yang Perlu Diwaspadai

Merangkum Mayo Clinic, ada banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab muntah darah.

Darah yang tertelan, seperti akibat mimisan atau batuk parah mungkin dapat menyebabkan muntahan berdarah. Tetapi, muntah darah yang sebenarnya biasanya merupakan sesuatu yang lebih serius dan membutuhkan perhatian medis segera.

Pendarahan di saluran pencernaan bagian atas (mulut, kerongkongan, perut dan usus kecil bagian atas) dari tukak lambung (lambung atau duodenum) atau pembuluh darah robek adalah penyebab umum muntah darah.

Gejala muntah darah

Pada kejadian hematemesis, warna dan konsistensi darah dapat bervariasi tergantung pada penyebab dan lokasi sumber perdarahan.

Darah dapat berkisar dari merah cerah hingga cokelat tua seperti bubuk kopi.

Melansir Medical News Today, bergantung pada penyebab perdarahan, orang mungkin mengalami gejala lain yang harus mereka diskusikan dengan dokter.

Setidaknya seseorang harus mencari perhatian medis segera jika mengalami salah satu dari gejala berikut bersama dengan muntah dalam darah.

Baca juga: 4 Jenis Syok yang Bisa Sebabkan Kematian

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X