Kompas.com - 03/04/2021, 18:04 WIB
Ilustrasi mual Ilustrasi mual

KOMPAS.com - Muntah darah (muntaber) adalah kejadian naiknya isi lambung (regurgitasi) yang bercampur darah atau regurgitasi darah saja.

Muntaber sering kali dianggap sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan.

Tetapi dalam beberapa kasus, penyebab kecil dapat memicunya. Ini termasuk menelan darah dari cedera mulut atau mimisan.

Baca juga: 16 Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami dan dengan Bantuan Obat

Situasi kecil ini kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Tapi, muntaber memang bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius seperti cedera internal, pendarahan organ, atau kerusakan organ.

Merangkum Healht Line, jika hal itu terjadi, darah yang dimuntahkan mungkin akan tampak berwarna cokelat, merah tua, atau merah cerah.

Warna darah yang dimuntahkan ini sering kali dapat menunjukkan kepada dokter terkait dengan sumber dan tingkat keparahan pendarahan.

Misalnya, darah yang lebih gelap pada umumnya menunjukkan bahwa pendarahan berasal dari sumber saluran cerna bagian atas, seperti lambung.

Selain itu, darah yang lebih gelap ini biasanya menunjukkan adanya proses perdarahan yang lambat dan stabil.

Di sisi lain, darah merah cerah sering menunjukkan episode perdarahan akut yang berasal dari kerongkongan atau lambung. Ini mungkin merupakan sumber pendarahan yang cepat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X