Kompas.com - 05/04/2021, 08:06 WIB
Ilustrasi jalan kaki SHUTTERSTOCKIlustrasi jalan kaki

KOMPAS.com - Jika Anda ingin tetap hidup bugar dan sehat, penting untuk berolahraga secara teratur.

Ini karena aktif secara fisik dapat bermanfaat untuk menurunkan atau menjaga berat badan tetap sehat.

Lebih jauh, berolahraga bisa mengurangi risiko Anda mengembangkan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca juga: Diet atau Olahraga, Mana yang Lebih Penting untuk Bantu Turunkan Berat Badan?

Untungnya, jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang direkomendasikan untuk tujuan ini.

Seperti diketahui, jalan kaki adalah olahraga yang minim modal, berisiko rendah, dan dapat diakses oleh kebanyakan orang.

Lantas, bagaimana jalan kaki bisa bantu turunkan berat badan dan lemak perut?

1. Jalan kaki bisa membakar kalori

Tubuh Anda membutuhkan energi dalam bentuk kalori untuk semua reaksi kimia kompleks yang memungkinkan Anda bergerak, bernapas, berpikir, dan berfungsi secara normal.

Kebutuhan kalori harian pada masing-masing orang sendiri dapat bervariasi, yakni dipengaruhi oleh hal-hal seperti berat badan, jenis kelamin, gen, dan tingkat aktivitas Anda.

Yang pasti, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda peroleh atau konsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X