Kompas.com - 21/04/2021, 16:02 WIB
. SHUTTERSTOCK/SHISU_KA.

KOMPAS.com – Banyak orang rasanya pernah mengalami serangan diare.

Gejala umum diare yang dialami yakni sering buang air besar (BAB) berair, sakit perut, dan perut kembung.

Diare sering kali menjadi cara tubuh untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan.

Baca juga: 13 Penyebab Diare Setelah Makan yang Perlu Diwaspadai

Gangguan kesehatan ini sebenarnya bisa menyerang kapan saja.

Tapi, diare rasanya paling tidak mengenakan ketika datang pada waktu yang tidak tepat, seperti saat liburan atau acara khusus, bukan?

Meskipun diare biasanya bisa membaik dengan sendirinya dalam dua hingga tiga hari, beberapa pengobatan dapat membantu mendorong tinja padat lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat mengatasi diare:

1. Konsumsi obat anti diare

Beberapa orang melihat diare tidak lebih dari gangguan ringan dan membiarkannya sembuh dengan sendirinya, terutama karena beberapa serangan diare yang pernah dialami sebelumnya berlangsung kurang dari 24 jam.

Saat mengalami diare itu, Anda mungkin hanya memilih tinggal di dekat rumah atau kamar mandi, dan minum banyak cairan atau elektrolit sebagai cara mencegah dehidrasi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X