Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Vaksinasi Untuk Mepindungi Diri di Era Pandemi Covid-19

Kompas.com - 24/04/2021, 04:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada seluruh aspek kehidupan manusia.

Kondisi ini juga menyebabkan penurunan cakupan vaksinasi dan penurunan jumlah vaksin yang diberikan. Akibatnya, anak-anak kehilangan kesempatan untuk divaksinasi.

Padahal, bayi dan balita yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap bisa memicu wabah berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3-I) yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat, atau meninggal.

Sejak tahun 2000, vaksinasi untuk mencegah penyakit menular telah menyelamatkan 37 juta jiwa di negara berpendapatan rendah dan menengah.

Berdasarkan data penelitian di Tongji Hospital (Wuhan, China), kasus koinfeksi influenza dan Covid 19, memiliki risiko lebih tinggi untuk timbulnya gangguan jantung dan peradangan serta.

Hal tersebut juga menyebabkan gangguan organ yang lebih berat pada pasien Covid 19 yang terinfeksi bersamaan dengan influenza.

Baca juga: 7 Tanda Penyakit Jantung Aritmia yang Perlu Diwaspadai

Pentingnya vaksinasi

Sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan vaksin rutin untuk dewasa, seperti vaksin flu, hepatitis A, hepatitis B, meningitis, Tdap, dan PCV.

Berdasarkan rekomendasi WHO, vaksinasi dapat menyelamatkan jutaan nyawa dan
secara luas diakui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling sukses sekaligus hemat biaya.

Sayangnya, pandemi Covid 19 mengakibatkan risiko terganggunya kegiatan imunisasi rutin karena adanya pembatasan mobilitas yang berdampak pada sistem kesehatan dan penurunan
pelaksanaan vaksinasi.

Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, ketua umum Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) menyebutkan, pengendalian penyakit menular melalui vaksinasi juga memiliki peran penting dalam meningkatkan angka harapan hidup.

"Padahal, sejak tahun 2000, vaksinasi untuk mencegah penyakit menular telah menyelamatkan 37 juta jiwa di negara berpendapatan rendah dan menengah," tambahnya.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi sesuai dengan jadwal dan rekomendasi dokter meski sedang pandemi.

Sebab, semua itu perlu dilakukan demi melindungi diri dari penyakit infeksi yang berbahaya, bahkan penyakit yang mematikan.

Baca juga: 7 Tanda Penyakit Jantung Aritmia yang Perlu Diwaspadai

"Selain itu, keberhasilan dalam meningkatkan cakupan imunisasi dewasa akan berdampak pada penurunan angka kematian dan kesakitan serta biaya pengobatan," tambah dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
Menular Langsung, Kementerian Kesehatan RI.

Vaksin adalah salah satu kisah sukses terbesar dalam kesehatan masyarakat. Melalui penggunaan vaksin, kita telah memberantas cacar dan hampir memberantas virus polio liar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com