Kompas.com - 02/05/2021, 14:02 WIB
. iStockphoto.

KOMPAS.com – Memahami cara mengobati sakit lutut yang bisa dilakukan sendiri kiranya baik sebagai opsi penanganan awal ketidaknyamanan ini.

Namun, sebelum mencoba mengobati sakit lutut, Anda sebaiknya dapat menilai rasa sakit pada lutut yang Anda alami terlebih dahulu.

Jika Anda sudah memastikan bahwa Anda hanya mengalami nyeri lutut ringan hingga sedang, Anda mungkin dapat mengobatinya di rumah.

Baca juga: 7 Gejala Radang Sendi Lutut yang Perlu Diketahui

Pengobatan rumahan dapat meningkatkan kenyamanan Anda dan membantu Anda mengelola gejala sakit lutut, baik yang disebabkan oleh inflamasi, artritis, maupun cedera ringan.

Sedangkan jika Anda mengalami sakit lutut parah atau jika gejala terus berlanjut atau memburuk, Anda sebaiknya segera mencari bantuan dokter untuk mendapatkan penanganan medis lengkap.

Pada kasus ringan hingga sedang, berikut ini adalah beberapa pilihan cara mengobati sakit lutut secara alami dan dengan bantuan obat yang dapat dipertimbangkan:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jangan malah diam, lalukan aktivitas fisik!

Melansir Medical News Today, olahraga telah terbukti dapat menunda perkembangan osteoarthritis (OA), yakni salah satu penyebab paling umum dari sakit lutut.

American College of Rheumatology (ACR) dan Arthritis Foundation (AF) mendorong orang untuk berolahraga guna mengelola osteoarthritis lutut.

Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan, yakni:

  • Jalan kaki
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Tai chi
  • Yoga

Baca juga: Bagaimana Olahraga yang Tepat untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X