Osteoarthritis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Cara Mencegah

Kompas.com - 14/07/2020, 10:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Osteoarthritis adalah peradagan sendi yang disebabkan oleh penipisan dan kerusakan tulang rawan.

Osteoarthritis merupakan penyakit radang sendi yang paling umum terjadi.

Sekitar 1 dari 3 orang berusia lebih dari 60 tahun dilaporkan memiliki osteoarthritis.

Baca juga: Benarkah Mandi Malam Sebabkan Rematik?

Sementara, di atas usia 70 tahun, hampir semua orag memiliki beberapa tingkat kondisi osteoarthritis, termasuk yang sangat ringan sehingga tidak menimbulkan gejala apa pun.

Sebelum memasuki usia 45 tahun, osteoarthritis lebih sering terjadi pada pria, namun setelah usia 55 tahun, jumlah wanita yang menderita radang sendi ini meningkat.

Meskipun osteoarthritis dapat menyerang sendi mana pun, tapi paling sering terjadi pada persendian di pinggul, lutut, tangan, kaki, dan tulang belakang.

Sendi sendiri terdiri dari dua ujung tulang yang tertutupi tulang rawan dan ligamen.

Tulang rawan adalah zat rotein yang memungkinkan tulang meluncur di atas satu sama lain dan bertindak sebagai “batalan peredam kejut”.

Sedangkan ligamen adalah otot yang menahan kedua tulang tetap menyatu.

Ketika tulang rawan menipis atau rusak, tulang-tulang akan saling bergesekan tanpa bantalan. Kondisi ini pada akhirnya akan merusak sendi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X