Kompas.com - 02/05/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Gejala radang sendi lutut penting dikenali untuk mendukung upaya deteksi dini dan pengobatan atas masalah kesehatan ini.

Radang sendi atau artritis adalah kelainan sendi yang menyebabkan area tempat bertemunya dua tulang ini mengalami peradagan.

Melasir MedicineNet, terdapat lebih dari 100 jenis radang sendi yang berhasil diidentifikasi oleh para ahli.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Beda Penyakit Rematik dan Asam Urat

Jenis radang sendi tulut yang paling umum diderita adalah osteoarthritis (OA) dan Rheumatoid arthritis (RA) atau sering disebut sebagai rematik.

Di antara keduanya, osteoarthritis adalah jenis radang sendi lutut yang lebih umum terjadi.

Osteoarthritis adalah kondisi progresif di mana tulang rawan di sendi lutut berangsur-angsur menipis. Kondisi ini biasanya muncul setelah seseorang berusia paruh baya.

Sedangkan rematik adalah kondisi peradangan yang dapat terjadi pada semua usia. Rematik bisa memengaruhi seluruh tubuh dan dapat melibatkan persendian lain dan gejala tambahan. Ini adalah penyakit autoimun.

Radang sendi lutut juga bisa berkembang setelah cedera lutut. Artritis pascatrauma ini dapat terjadi akibat robekan meniskus, cedera ligamen, atau patah tulang lutut.

Gejala radang sendi lutut setelah cedera lutut bisa muncul beberapa tahun kemudian setelah kejadian.

Gejala radang sendi lutut

Melansir Health Line, baik osteoarthritis maupun rematik dapat menyebabkan gejala rang sendi lutut yang serupa.

Baca juga: Osteoarthritis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Cara Mencegah

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X