Kompas.com - 30/06/2021, 10:48 WIB

KOMPAS.com – Penyebab plak bisa terbentuk di pembuluh darah penting dikenali sebagai bagian dari upaya terhidar dari kondisi ini.

Seperti diketahui, penumpukan plak di pembuluh darah atau arteri dapat menyebabkan dinding arteri mengeras dan salurannya menyempit.

Kondisi ini dapat membatasi aliran darah ke organ dan bagian tubuh lain yang membutuhkan darah kaya oksigen dan nutrisi untuk berfungsi.

Baca juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal dalam Darah?

Seiring waktu, hal ini pada akhirnya menyebabkan aterosklerosis dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Bagaimana proses pembentukan plak di pembuluh darah?

Dilansir dari Very Well Health, plak terdiri dari kolesterol, lemak, kalsium, fibrin, dan produk limbah seluler.

Pembentukannya melibatkan proses kompleks, di mana zat lilin kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkannya menebal, mengeras, dan menyempit.

Kolesterol adalah zat yang dapat ditemukan di setiap sel dalam tubuh. Zat ini memainkan peran penting dalam produksi vitamin D, hormon, dan membantu proses pencernaan makanan.

Kolesterol di dalam tubuh secara umum terdiri dari dua jenis, yakni:

  • High-density lipoproteins (HDL) atau dikenal sebagai kolesterol baik yang bertugas mengambil kolesterol dari bagian lain tubuh kembali ke hati, yang kemudian mengeluarkannya dari tubuh
  • Low-density lipoproteins (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat yang bertanggung jawab untuk menciptakan penumpukan plak di arteri

Ketika plak menumpuk di arteri, tubuh akan merespons dengan mengirimkan sel darah putih yang mencoba mencerna kolesterol LDL, yang kemudian berubah menjadi racun.

Semakin banyak sel darah putih yang tertarik ke area di mana perubahan terjadi, hal itu dapat menyebabkan peradangan pada dinding arteri.

Baca juga: 12 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.