Kompas.com - 01/07/2021, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Penyebab vagina sakit setelah berhubungan seks bisa berasal dari alergi, infeksi, dan sejumlah masalah kesehatan organ reproduksi wanita.

Sebagian wanita mengalami masalah vaginanya terasa sakit setelah berhubungan seks. Jangan khawatir berlebihan, hal itu cukup umum.

Melansir Healthline, rasa lecet, perih, atau nyeri vagina setelah berhubungan intim biasanya berasal dari vulva.

Baca juga: 3 Tips Memilih Pelumas Vagina yang Aman

Perlu diketahui, vulva adalah bagian luar alat kelamin wanita. Organ ini terdiri atas labia atau bibir vagina, klitoris, lubang vagina, dan lubang uretra.

Kebanyakan penyebab vagina sakit setelah berhubungan seks tidak berbahaya. Tapi, ada juga yang perlu diwaspadai. Berikut beberapa di antaranya:

1. Minimnya rangsangan

Vagina sakit setelah berhubungan seks kebanyakan disebabkan minimnya rangsangan. Kondisi ini membuat produksi lubrikasi atau pelumas alami vagina minim.

Melansir Self, saat vagina minim pelumas, gesekan alat kelamin ketika berhubungan seks menyebabkan luka kecil di kulit sekitar area intim.

Cara mengatasi miss v sakit setelah berhubungan seks karena kurang lubrikasi ini bisa dengan mengoleskan pelumas bebas alkohol di vagina.

Tak hanya sebelum berhubungan seks, bila perlu oleskan pelumas yang berfungsi melembabkan vagina ini setelah bercinta.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Vagina Kering yang Bisa Dijajal di Rumah

2. Cedera saat berhubungan seks

Gesekan alat kelamin atau aktivitas seksual terlalu kasar atau bikin tak nyaman dapat menyebabkan cedera iritasi pada vulva atau area sekitar vagina.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.