Kompas.com - 31/07/2021, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah orang bakal mengupayakan penambah nafsu makan ketika mendapati selera makan orang terdekatnya menurun.

Pasalnya, merosotnya nafsu makan berkepanjangan bisa menurunkan berat badan, meningkatkan risiko penyakit, sampai mengurangi kualitas hidup seseorang.

Penyebab orang tidak nafsu makan biasanya berasal dari faktor bertambahnya usia, tekanan psikologis, sampai penyakit tertentu.

Baca juga: Tidak Nafsu Makan saat Covid-19, Begini Cara Mengatasinya…

Perlu diketahui, penambah nafsu makan adalah obat, suplemen, vitamin, atau mineral tertentu yang digunakan untuk menambah selera makan.

Segala sesuatu yang potensial digunakan sebagai penambah nafsu makan dikenal dengan zat orexigenic.

Penggunaan obat penambah nafsu makan dikhawatirkan memiliki sejumlah efek samping tertentu. Tak pelak, sejumlah orang beralih ke beberapa bahan alami yang dianggap lebih minim efek samping.

Bagi Anda yang mencari zat perangsang keinginan untuk makan, berikut beberapa zat potensial untuk penambah nafsu makan alami:

1. Zinc

Melansir Medical News Today, kekurangan zinc dapat menyebabkan gejala tidak nafsu makan sampai daya tahan tubuh menurun.

Kekurangan mineral penting ini bisa memengaruhi nafsu makan karena persepsi rasa di lidah jadi berubah.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan zinc sebanyak 8-11 miligram per hari. Kebutuhan zat gizi ini lebih tinggi pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.