Kompas.com - 13/09/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Sering kali orang malas mengonsumsi makanan sehat dan lebih menyukai makanan yang tidak sehat.

Padahal, konsumsi makanan sehat menjadi salah satu kunci untuk memiliki tubuh sehat, serta menjaga sistem imunitas agar terhindar dari penyakit.

Penerapan pola hidup sehat sangat disarankan agar tubuh tetap fit dan terhindar dari beberapa penyakit kronis, seperti diabetes mellitus, penyakit jantung, dan stroke.

Salah satu bentuk pola hidup sehat adalah dengan menerapkan pola makan teratur tetapi tetap memenuhi kebutuhan gizi harian.

Panduan "Isi Piringku"

Istilah “4 Sehat 5 Sempurna” menjadi slogan yang dikampanyekan sejak dahulu sebagai pedoman gizi seimbang.

Porsi makan sehat dan bernutrisi sesuai slogan “4 Sehat 5 Sempurna” terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur, buah, dan susu.

Namun sejak tahun 2017 lalu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menggunakan slogan “Isi Piringku” sebagai Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS).

Penggantian slogan ini terjadi karena panduan “4 Sehat 5 Sempurna” tidak memiliki takaran baku yang dapat menimbulkan masalah jika porsi dan gizinya tidak seimbang.

Pada kampanye “Isi Piringku,” porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.

Hal ini menunjukkan bahwa “Isi Piringku” menunjukkan gizi seimbang karena kebutuhan gizi harian tetap terpenuhi.

Baca juga: Penyakit Raynaud

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.