Kompas.com - 13/09/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com – Kanker anus adalah kanker yang menyerang saluran anus atau rektum.

Para peneliti telah mengidentifikasi bahwa kanker anus semakin umum terjadi pada orang-orang di bawah usia 50 tahun karena berbagai faktor.

Peningkatkan ini pada akhirnya membuat sejumlah pemerhati kesehatan menyarankan orang-orang untuk dapat melakukan screening kanker anus dimulai pada usia 45 tahun, terutama bagi mereka yang dianggap lebih berisiko terkena penyakit berbahaya ini.

Baca juga: 14 Penyebab Anus Gatal dan Cara Mengatasinya

Orang-orang dengan usia ini juga dianjurkan dapat mengenali tanda atau gejala kanker anus untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin atas penyakit ini.

Pasalnya, keterlambatan dalam diagnosis kanker anus bisa menjadi masalah besar. Seringkali hal itu menyebabkan kenker ditemukan pada stadium lebih lanjut sehingga semakin sulit ditangani.

Gejala kanker anus

Tanda dan gejala kanker anus bisa jadi tidak spesifik.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Artinya, gejala yang muncul bisa juga disebabkan oleh beberapa kondisi lain. Beberapa penyebabnya bahkan termasuk kondisi kurang serius.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi tanda atau gejala kanker anus:

1. BAB berdarah

Melansir Very Well Health, keluarnya darah dari anus baik itu berwarna merah terang atau merah tua adalah gejala umum kanker anus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.