Kompas.com - 04/12/2021, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Ada kalanya, hidung sakit atau perih seperti kemasukan air. Kondisi ini biasanya muncul saat suhu udara dingin atau teriritasi.

Penyebab sensasi panas dan perih di hidung ini bisa beragam, seperti infeksi. Terkadang, hidung sakit juga bisa jadi tanda suatu penyakit.

Berikut penjelasan lebih lanjut kenapa hidung sakit sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Baca juga: 5 Obat Hidung Tersumbat Alami yang Bisa Dijajal di Rumah

Penyebab hidung sakit seperti kemasukan air

Penyebab hidung sakit seperti kemasukan air bisa berasal dari udara kering, alergi, infeksi, sampai efek samping obat-obatan.

Melansir sejumlah sumber, berikut beberapa di antaranya:

  • Udara dingin

Saat suhu udara relatif dingin, kelembapan alami di selaput lendir hidung jadi berkurang. Akibatnya, bagian dalam hidung jadi kering dan terasa sakit.

  • Rinitis alergi

Paparan iritasi seperti jamur, debu, atau bulu hewan yang masuk ke hidung bisa membuat tubuh melepaskan histamin pemicu alergi. Reaksi ini bisa mengiritasi saluran hidung dan menyebabkan hidung sakit.

  • Sinusitis

Sinusitis ditandai dengan hidung sakit seperti kemasukan air, hidung tersumbat, sakit kepala, demam, bau mulut, sakit tenggorokan, dan badan lemas.

Baca juga: 8 Cara Cuci Hidung dengan Larutan NaCl Agar Saluran Pernapasan Bersih

  • Efek samping sejumlah obat

Obat seperti antihistamin dan dekongestan apabila digunakan dalam jangka panjang atau dosis besar terkadang bisa membuat hidung kering dan terasa sakit.

  • Paparan asap dan bahan kimia

Hidung cukup sensitif dengan paparan asap dan bahan kimia seperti roko, formaldehida, cairan pembersih lantai atau kaca, atau produk pemutih seperti klorin.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.