Kompas.com - 16/01/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Bayi sungsang adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan posisi kepala bayi berada di atas atau jauh dari jalan lahir menjelang persalinan.

Idealnya, posisi kepala bayi ketika sudah mendekati waktu kelahiran berada di dekat vagina ibu hamil.

Namun, pada posisi bayi sungsang, bagian bokong atau kaki bayi di dalam kandungan justru paling dekat dengan jalan lahir.

Baca juga: Kenali Apa itu Bayi Sungsang, Penyebab, Cara Mengatasinya

Kondisi ini meningkatkan risiko bayi lahir dengan cedera. Untuk meminimalkan risiko ini, dokter biasanya menyarankan ibu hamil menjalani persalinan dengan operasi caesar.

Terkadang, beberapa ibu hamil bayi sungsang dianjurkan menjajal beberapa cara mengatasi masalah kehamilan ini menjelang persalinan. Salah satunya dengan mengganti posisi tidurnya. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Bagaimana posisi tidur agar bayi tidak sungsang?

Melansir Healthline, ibu hamil dianjurkan menjajal posisi tidur miring dengan bagian sela-sela kaki diganjal bantal agar bayi tidak sungsang.

Dengan posisi tidur miring ini, bagian panggul ibu hamil bakal lebih terbuka, sehingga bayi di dalam kandungan dapat berputar lebih leluasa.

Ibu hamil sebaiknya menjajal posisi tidur ini begitu usia kehamilan memasuki minggu-minggu terakhir menjelang persalinan, atau ketika perut sudah tumbuh besar.

Selain potensial untuk membantu memperbaiki posisi bayi sungsang, posisi tidur ini juga dapat mencegah sakit punggung yang biasanya dirasakan ibu hamil di trimester akhir.

Meskipun studi penunjang yang membuktikan efektivitas posisi tidur ini dalam membantu mengatasi bayi sungsang masih minim, namun posisi tidur ini ideal untuk ibu hamil di trimester ketiga, sehingga tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca juga: 7 Makanan yang Baik dan Sehat untuk Ibu Hamil

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.