Kompas.com - 25/01/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak orangtua berburu obat batuk alami yang aman untuk anak-anak.

Seperti diketahui, orangtua tidak dianjurkan sembarangan memberikan obat batuk yang dijual bebas untuk anak di bawah usia empat tahun.

Pasalnya, formula sejumlah obat batuk terlalu keras atau berat untuk anak dan rawan menyebabkan efek samping seperti iritasi tenggorokan.

Selain itu, beberapa tenaga kesehatan tidak menyarankan anak di bawah empat tahun minum obat batuk karena berisiko tersedak, pusing, atau gelisah saat tidur.

Mengingat batuk adalah masalah kesehatan umum yang rawan menyerang anak-anak, para orangtua bisa menjajal beberapa obat batuk anak alami yang bisa dijajal berikut.

Baca juga: 5 Jenis Obat Batuk, Fungsi, dan Efek Sampingnya

Obat batuk anak alami

Ada beberapa obat batuk anak alami yang relatif aman diberikan dan minim efek samping untuk si kecil, di antaranya:

  • Pelembap udara

Dilansir dari Verywell Family, pelembap udara dapat membantu melonggarkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan penyebab batuk.

Pasang alat pelembap udara atau humidifier di kamar di saat anak batuk. Jika tidak ada alat tersebut, mandikan anak di kamar mandi dengan air hangat. Biarkan anak menghirup uap hangat ini setidaknya lima menit.

  • Madu

Madu juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak-anak. Anda bisa memberikan minuman hangat yang diberi sedikit madu.

Bahan alami ini dapat membantu melawan infeksi dan meredakan sakit tenggorokan karena mengandung zat anti-bakteri.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.