Kompas.com - 26/02/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah makanan mengandung zat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan bila dikonsumsi teratur bisa membuat kita terhindar dari infeksi penyakit.

Sebagaimana mengutip Well and Good, Michelle Cardel, direktur penelitian klinis dan nutrisi global di WW mengatakan bahwa tidak ada satu makanan pun yang secara tiba-tiba akan mencegah kita jatuh sakit.

"Tetapi, fokusnya itu pada pola makan kaya nutrisi secara keseluruhan untuk dapat menjaga sistem imun Anda," kata Cardel.

Diimbangi dengan rutinitas:

  • Tidur yang teratur dan cukup
  • Mencuci tangan
  • Latihan fisik/olahraga
  • Mengelola stres.

Hampir semua ahli gizi akan memberi tahu bahwa kita harus terlebih dahulu mencoba meningkatkan kekebalan dengan makanan padat bernutrisi, dan teh herbal.

Baca juga: Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, dari Tidur hingga Mengatur Stres

1. Macam buah jeruk (sitrus)

Mengutip Well and Good, jeruk adalah pilihan buah pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita karena kaya kandungan vitamin C.

Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil, seperti beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi.

Menurut ahli gizi terdaftar Carissa Galloway, konsultan nutrisi Protein Premier mengatakan bahwa vitamin C adalah vitamin larut air, yang memainkan peran penting dalam mendukung daya tahan tubuh.

“Vitamin C juga merupakan antioksidan, yang menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat dengan melindungi tubuh dari radikal bebas," ujar Galloway.

Selain itu, vitamin C juga mendukung produksi sel darah putih yang terdiri dari limfosit dan fagosit, yang berfungsi melindungi tubuh Anda dari infeksi.

2. Telur

Mengutip Well and Good, telur salah satu makanan hewani berpotein tinggi yang dapat dikonsumsi meningkatkan daya tahan tubuh, selain ayam dan seafood.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.