Kompas.com - 07/02/2022, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Cara pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) perlu kita terapkan dengan baik terutama di pertengahan musim hujan.

Mengutip Kementerian Kesehatan, penyakit DBD atau dengue hemorrhagic fever biasanya akan meningkat saat pertengahan musim hujan karena semakin banyaknya tempat perkembangbiakan nyamuk.

Baca juga: 3 Fase DBD (Demam Berdarah) dari Demam sampai Sembuh

1. 3M Plus

Salah satu cara pencegahan DBD rekomendasi Kementerian Kesehatan adalah dengan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M Plus, yang meliputi:

Menguras

Kegiatan menguras atau membersihkan tempat yang sering menjadi penampungan air, seperti bak mandi, kendi, toren air, drum, dan tempat penampungan air lainnya.

Dinding bak maupun penampungan air juga harus digosok untuk membersihkan dan membuang telur nyamuk yang menempel erat pada dindingnya.

Saat musim hujan maupun pancaroba, kegiatan ini harus dilakukan setiap hari untuk memutus siklus hidup nyamuk yang dapat bertahan di tempat kering selama 6 bulan.

Menutup

Kegiatan menutup rapat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi maupun drum.

Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah agar tidak membuat lingkungan semakin kotor yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Baca juga: 3 Perbedaan Gejala Demam Berdarah (DBD) dan Tipes

Mengubur barang bekas

Kegiatan mengubur barang bekas yang berpotensi menampung air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyabab DBD.

Jika tidak menguburnya, mungkin bisa memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) tersebut sebagai cara lain untuk mencegah penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.