Kompas.com - 01/03/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Kehilangan penciuman dan indra perasa menjadi salah satu gejala yang banyak dialami pasien Covid-19 saat gelombang varian Delta.

Mengutip WebMD, studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Genetics, menyebutkan bahwa gejala Covid-19 berupa kehilangan penciuman dan indra perasa tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik.

Penemuan tersebut bisa membawa para ahli lebih dekat untuk memahami pola yang membingungkan dan mungkin menunjukkan jalan menuju perawatan yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Susah Tidur setelah Covid-19

Para peneliti di 23andMe, sebuah perusahaan genomik dan bioteknologi, kemudian melakukan penelitian Covid-19 yang besar dan mencakup orang-orang di AS dan Inggris.

Para peneliti menganalisis data dari hampir 70.000 orang yang mengikuti survei online setelah menerima tes positif Covid-19.

Di antara partisipan, 68 persen melaporkan kehilangan penciuman atau indra perasa sebagai gejala Covid-19.

Tim peneliti membandingkan perbedaan genetik antara mereka yang kehilangan penciuman dan indra perasa dengan mereka yang tidak.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Napas Mudah Ngos-ngosan setelah Covid-19

Para peneliti menemukan bahwa:

  • Dua gen penciuman (UGT2A1 dan UGT2A2) dikaitkan dengan hilangnya indra penciuman dan perasa akibat Covid-19.
  • Faktor genetik membuat 11 persen lebih mungkin bagi seseorang yang terinfeksi Covid-19 untuk kehilangan penciuman atau indra perasa.
  • Tim peneliti juga menemukan bahwa wanita 11 persen lebih mungkin dibandingkan pria untuk melaporkan kehilangan penciuman dan indra perasa.
  • Sekitar 73 persen dari mereka yang melaporkan kehilangan penciuman dan indra perasa berusia 26-35 tahun.

Mengutip NBC News, tim peneliti juga menemukan orang-orang dari “keturunan Asia Timur atau Afrika-Amerika secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk melaporkan kehilangan penciuman atau rasa.”

Para peneliti tidak yakin bagaimana gen terlibat, meskipun mereka menduga bahwa sel yang terinfeksi dapat menyebabkan hilangnya penciuman.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.