Kompas.com - 13/04/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kanker sebenarnya adalah penyakit yang bisa disembuhkan jika dideteksi sejak awal.

Sayangnya, gejala awal kanker seringkali diabaikan. Karena itu, banyak penderita kanker baru tergdiagnosis setelah stadium lanjut.

Ahli perawatan kanker Josette Snyder mengatakan bahwa melakukan pemeriksaan rutin adalah hal penting untuk mendeteksi kanker secara dini.

Seorang dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda dan memiliki catatan kesehatan Anda dapat membantu menentukan apakah perubahan pada tubuh Anda memerlukan pengujian atau kunjungan ke spesialis.

Baca juga: Melihat Pengaruh Makanan Pada Kadar Gula dalam Darah

Gejala kanker

Ada beberapa perubahan di tubuh yang bisa berpotensi menjadi kanker. Ketika menemui perubahan tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Berikut beberapa perubahan di tubuh yang bisa berpotensi kanker:

1. Benjolan di bawah kulit Anda. Seringkali tidak mungkin untuk membedakan kista jinak dari tumor ganas hanya dengan melihatnya, jadi periksakan ada benjolan di payudara, leher, atau area genital.

2. Kutil atau tahi lalat yang berubah penampilan. Lesi yang asimetris atau berubah bentuk, warna atau ukuran harus diperiksakan ke dokter.

3. Perubahan signifikan dalam kebiasaan kamar mandi Hal ini bisa berupa lebih sering buang air kecil atau selalu merasa ingin buang air besar, atau perubahan kebiasaan buang air besar (diare atau sembelit) serta darah dalam tinja atau air seni.

4. Kesulitan menelan. Kanker mulut, tenggorokan atau kerongkongan dapat menyebabkan gejala ini.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.