Kompas.com - 12/04/2022, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Salah satu momok ketika sedang menjalankan puasa Ramadhan adalah sakit sampai mengganggu kelancaran ibadah.

Untuk itu, banyak orang berburu cara meningkatkan daya tahan tubuh saat puasa dengan mengonsumsi suplemen dan sebagainya.

Namun, tahukah Anda? Tanpa suplemen, sebenarnya banyak langkah alami untuk mempertahankan sistem imun agar tak gampang sakit.

Selain itu, apabila dijalankan dengan cara yang sehat, manfaat puasa juga terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Berat Badan saat Puasa Agar Tetap Ideal

Manfaat puasa untuk daya tahan tubuh

Dr Amir Khan dari Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris menjelasakan, penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat berdampak positif bagi daya tahan tubuh.

"Saat berpuasa, tubuh berada dalam mode hemat energi karena tidak ada nutrisi yang masuk," jelas dia, dilansir dari Aljazeera.

Demi menghemat energi, tubuh mendaur ulang sel kekebalan yang sudah usang atau rusak dengan yang baru.

Sehingga, selepas menjalani satu periode puasa, tubuh memiliki banyak sel imun yang lebih sehat dan lebih kuat dalam memerangi infeksi.

Sistem daya tahan tubuh secara keseluruhan pun jadi meningkat setelah berpuasa.

Meskipun manfaat puasa baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, orang yang berpuasa tetap perlu mengupayakan gaya hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap optimal saat puasa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.